IDE DELPHI 7

Didalm IDE Delphi 7 terdapat beberapa perubahan besar maupun kecil yang dapat membantu produktfitas programer . Fasilitas-fasilitas utama yang baru pada Delphi 7 diantaranya adalah object tree view , object inspector yang telah dikembangkan ,dan view loadable , serta fasilitas-fasilitas diagram dan HTML.

Object Tree View 
Pada Delphi 5 telah dikenalkan Tree View untuk modul data ,di mana Anda dapat melihat hubungan komponen-komponen  Non Visual seperti dataset, field , actions , dan sebagainya .Pada Delphi 7 fasilitas tersebut dikembangkan lagi dengan menambahkan Object Tree View Untuk Designer , termasuk form sederhana . Object Treeview secara Default ditepatkan di atas Object Inspector , gunakan perintah View => Object Treeview untuk menyembunyikannya .
Object Treeview menampilkan semuua komponen dann object yang ada di form ke dalam bentuk hirarki pohon yang menandai hubungan Hirarki . Berikut ini mengenai hubungan Parent / Child : Tempatkan Panel pada form dengan tombol di dalamnya dan yang lainnya di luar panel . Pohon Hirarki akan menampilkan 2 tombol , satu di bawah form dan yang lainnya dibawah panel .
Selain hubungan Parent /Child , Object Tree View juga menampilkan hubungan lainnya, seperti owner / owned , komponen / subobject, kumpulan / item , termasuk hubungan dataset / connection  dan data source / dataset .

Beberapa Tipe Dragging yang didukung Object Tree View :

  • Anda dapat memilih komponen dari palette ( dengan mengkliknya , bukan mengedragnya ) . Gerakan mouse Melalui pohon hirarki , kemudian klik komponen untuk menempatkannya di sana . Cara ini memungkinkan Anda untuk menempatkan komponen di dalam container yang sesuai ( form, panel , dan yang lainnya ) dengan tanpa memperhatikan apakah perukaan container telah di temmpatkan oleh komponen lainnya . Hal tersebut untuk mencegah Anda mendapatkan komponen designer tanpa mengatur komponen - komponennya terlebih dahulu ..
  • Anda dapat mendrag komponen ke dalam Tree View. Sebagai contoh , meminndahkan komponen dari satu container ke container lainnya . Di dalam form Designer Anda hanya dapat menggunakan metode cut  dan paste .
  • Anda dapat mendrag komponen dari Tree View ke Diagram view 
Klik kanan pada komponen- komponen yang di tampilkan di dalam Tree View untuk menampilkan menu shorcut yang hampir sama dengan komponen menu pada saat komponen ada di form . Bahkan Anda dapat item-item dari Tree .

Loadable View 

Perubahan penting lainya dapat di lihat pada window code editor , di mana setiap file yang di-load di dalam IDE sekarang dapat ditampilkan dalam multitampilan , dan di dalam tampilan tersebut dapat didefinisikan secara pemrograman dan ditambakan ke dalam system . Tampilan yang sering di gunakan adalah Page Diagram, yang sudah tersedia pada Delphi 5 . Kumpulan tampilan lai disediakan untuk aplikasi Web , termasuk tampilan HTML , Script  Preview HTML Result , dan banyak lagi .

  

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar